Senin, 01 Mei 2017

pernikahan adat jawa dan nias perbedaanya


SEDIKIT PERBEDAAN PERNIKAHAN ADAT JAWA DAN NIAS

Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang di rayakan atau di laksanakan oleh dua orang atau keluarga dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama,norma hukum,dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa,budaya maupun kelas sosial.

.                                                                    
Budaya tanah jawa memang menyimpan sejuta keindahan dan keangungan yang tetap di pegang teguh oleh masyarakatnya. Hal ini dapat dilihat dari proses upacara pernikahan yang penuh makna dan khas. beragam tradisi dan tata cara pernikahan menjadi bagian dari adat masing-masing daerah.
Pernikahan adat jawa di bagi dalam beberapa tahap yang membuat pernikahan ini unik menurut saya adalah pengntin perempuanya tidak merasa sedih sama sekali dan terlihat baik-baik saja dan dia tidak segang-segang menyapa para tamunya. diatas pelaminan saja, para pengantin tinggal berdua bahkan tinggal seorang saja diatas pelaminan, tanpa ada rasa cagung dan atau bahkan risih kedua mempelai berbicara layaknya biasa saja.artinya diatas pelaminan itu kedua mempelai mengurus dirinya masing-masing.
                                                                               
Berbeda dengan orang nias yang memaknai pernikahan itu sebagai raja dan ratu sehari, semua para tamu yang datang dijamu dan di siaapkan makanan serta diantar satu persatu. Dalam adat nias seorang perempuan yang akan menikah dan meninggalkan rumah ibu dan ayahnya serta seluruh keluarganya akan terus menanggis karena dia tidak akan seperti saat dia masih belum menikah.
diats pelaminan kedua mempelai selalu di dampingin dan dikipasin serta di beri makan layaknya seorang ratu dan cirikhas pengantin perempan nias adalah menundukkan kepalanya selama acara pernikahannya, dan setelah acara selesai pengantin perempuan akan diangkat diatas kayu yang diikat dengan kursi dan diantar sampai keluar dari rumahnya. Perniakahan akan selalu penuh dengan tanggis bagi keluarga yang ditinggalkan.


Awal kenapa saya menulis cerita sedikit perbedaan proses pernikahan ini setelah saya datang keundangan teman yang nikahan dengan konsep yang berbeda dengan selama ini yang saya lihat dan di laksanakan di nias sana.
tidak ada unsur apapun dari tulisan ini hanya sebatas kekaguman serta pengalaman yang baru menurut saya, dan melihat betapa indahnya perbedaan itu..
terimakasih.


2 komentar: