Rabu, 25 Juli 2018

Analisis berita online ( analisis portal media online, detik.com, suara.com, Kontan.co.id)


ANALISIS BERITA ONLINE
KONTAN.CO.ID, DETIK.COM DAN SUARA.COM
DISUSUN OLEH:


Nama            : Tendes hartawati laia
Nim              : 15120042
P.study         : Ilmu komunikasi
Ujian           : jurnalistik online
Dosen          : Ahmad Hanan, M.ikom





Stisp widuri
Jakarta
2018

Analisis berita online

1.      Detik.com
Detikcom adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, Detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp.
2.      Kontan.co.id
Koran bisnis mingguan. Memuat berita investasi, keuangan, data pergerakan saham, dan trend bisnis. Media kontan.co.id adalah portal berita online yang memuat berita harian tentang bisnis.
3.      Suara.com
Suara.com adalah portal berita yang menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa ... Head of Social media.

Dalam kasus ini saya akan membahas tentang analisis berita di portal media online dengan objek berita yang sama dengan menggunakan teori jurnalistik online.











Jokowi terima Zohri juara dunia lari di istana Bogor siang ini
(topik)
1.      Berita detik.com
                                      
Isi berita.
Bogor - Atlet lari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, yang memenangi kejuaraan dunia lari 100 meter U-20 di Tampere, Finlandia, telah pulang ke Indonesia. Zohri nanti akan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Informasi yang diterima detikcom, Zohri akan diterima Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018) sekitar pukul 14.00 WIB. Zohri juga akan didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.
"Pukul 14.00 WIB, Zohri akan diterima Presiden di Istana Bogor," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin saat dimintai konfirmasi, R Belum diketahui apa saja yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut. Namun sebelumnya, Jokowi telah menyatakan kekagumannya terhadap Zohri, yang berhasil memenangi kejuaraan dunia lari 100 meter kelas dunia usia di bawah 20 tahun di Finlandia.

Jokowi juga menyatakan akan segera mengundang Zohri ke Istana. “Nanti saya sudah (undang ke Istana), kalau nggak Sabtu, Senin. Tadi pagi saya perintahkan ke Menteri PU sebagai ungkapan rasa bangga masyarakat Indonesia, saya perintah untuk bangun rumah Zohri,” ujar Jokowi setelah membagikan sertifikat tanah di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/7).rabu (18/7/2018).
Jokowi menerangkan pencapaian sprinter asal NTB tersebut adalah kebanggaan bangsa Indonesia. Jokowi juga sudah meminta supaya rumah Zohri di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), direnovasi.
“Tadi pagi sudah saya perintahkan ke Menteri PU untuk ke Lombok, ke rumah Zohri, untuk dibangun rumahnya,” jelas Jokowi. 
(jor/idh).
Jokowi undang Lalu muhammad zohri di istana bogor (topik)
2.      Berita Suara.com
Suara.com – Lalu Muhammad Zohri berjalan di karpet merah Istana Bogor, Jawa Barat. Kedatangan pelari muda Indonesia asal Nusa Tenggara Barat itu untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (18/7/2018).
Berdasarkan pantauan Suara.com, Lalu Muhammad Zohri tiba di Istana Bogor pukul 14.06 WIB. Mengenakan jaket Asian Games ke-18, Presiden Jokowi sudah menunggu sang juara di Ruang Teratai, Istana Bogor.
Undangan Presiden ke Zohri tidak terlepas sari prestasinya. Lelaki 18 tahun berhasil mengharumkan nama Indonesia setelah sukses menyentuh garis finis tercepat mengalahkan lawan-lawannya pada kejuaraan dunia atletik junior International Association Athletics Federation (IAAF World) U20 Championships di Tampere Stadium, di Tampere, Finlandia, pada 11 Juli.
Lalu Muhammad Zohri turun di nomor final lari 100 meter putra. Zohri mengalahkan unggulan teratas, Anthony Scwartz dari Amerika Serikat.






Presiden Jokowi sambut kedatangan Zohri di Istana Bogor
(topik)
3.    Berita Kontan.co.id
KONTAN.CO.ID – BOGOR. Juara dunia lomba lari nomor 100 meter putra U-20 di Tempere, Finlandia, Lalu Muhammad Zohri memenuhi undangan Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor.  Berdasarkan pantauan KONTAN, Zohri datang di Istana Bogor pada pukul 14.00 WIB. Ia pun disambut langsung Presiden Jokowi di ruang teratai.
Setelah itu, Zohri juga diajak Presiden berkeliling sekitar Istana Bogor menggunakan mobil golf dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang ditorehkan Zohri sebagai juara dunia lari 100 meter.
“Tentunya kita bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh Zohri. Lalu Muhammad Zohri di ajang Kejuaraan Dunia U-20 lari 100 meter. Kita bangga semuanya,” kata Presiden Jokowi, Rabu (18/7).
Jokowi pun juga mengaku ada keganjalan di hati saat Zohri diwawancarai oleh usai memenangkan pertandingan di Finlandia. “Saat itu Zohri diwawancarai mau ke Istana nggak?, apa jawaban Zohri. Jawabannya apa? ‘mau banget, ketemu orang besar,’” cerita Presiden.
Presiden pun langsung menggarisbawahi kalimat ‘orang besar’ ini. “Ini yang keliru yang mengganjal di hati saya. Orang besarnya bukan di sini (sambil menunjuk dirinya) tapi Zohri . Dia orang besar karena dengan segala keterbatasan, dengan segala kekurangan fasilitasnya, dengan ambisi yang besar, dengan kerja keras, dengan kegigihan, Zohri bisa memenangkan pertandingan lari,” tegasnya.
Jokowi menitipkan pesan, prestasi ini jangan berhenti dan terus ditingkatkan dengan kegigihan latihan. Momen ini juga bisa dijadikan modal kita menapak.
Analisis berita media online detik.com, kontan,co.id dan suara.com
Seperti yang kita ketahui kini perkembangan media massa sangat mempengaruhi sumber informasi yang diterima oleh masyarakat. Perkembangan media massa tersebut meliputi media cetak, media elektronik, dan media internet (cyber). Namun, seiring berjalannya waktu kini orang-orang lebih memilih menikmati media internet (cyber). Salah satunya dapat dilihat dari  penyampaian informasi yang diterima oleh masyarakat melalui media online atau cyber.
v  Dari Segi content
Content yang terdapat di dalam detik.com yaitu detik.com lebih berfokus kepada berita yang ingin disampaikan kepada kalangan masyarakat. Dimana pada detik.com berbeda dengan situs berita lainnya yaitu detik.com lebih memilih banyak tulisan dan diselingi oleh beberapa foto pendukung saja dan juga video. Penulisan berita yang ada di detik.com juga memiliki hyperlink seperti yang terdapat dalam judul berita  “Jokowi terima Zohri juara dunia lari di istana Bogor siang ini”. Dalam berita ini terdapat hyperlink yang berupa berita terkait mengani berita hadiah zohri. 
Bentuk penulisan yang ada dalam detik.com yaitu menggunakan sistem non-linear, dimana pada satu topik berita dapat ditemukan beberapa berita yang terkait yang mampu menarik perhatian pembaca sehingga memudahkan pembaca dalam menemukan berbagai informasi yang ada. Website ini juga memberi kesempatan kepada pembaca untuk berkomentar terhadap berita yang  mereka buat. Ini dapat dilihat dari kolom komentar  pada setiap berita dimana para pembaca dapat memberikan kritik dan saran dengan menggunakan account social media pengguna.
Content yang terdapat di dalam web sura.com lebih sedikit dari pada detik.com. Hal ini dapat dilihat dari berita yang disajikan tidak hanya dalam bentuk tulisan tetapi dalam bentuk video yang sama dengan pemberitaan yang ditulis. Web suara.com ini juga memberikan informasi terkait berita yang menajadi trending tags dan memiliki hyperlink yang memudahkan pembaca untuk mencari informasi mengenai berita terkait. Sehingga memungkinkan pembaca mendapatkan informasi lebih banyak., dalam berita ini sura.com lebih fokus pada content undangan jokowi terhadap zohri. Dan lebih menceritakan bagaimana zohri sampai diistana dan apa yang digunakannya.
Content yang terdapat di web kontan.co.id lebih banyak melihat bagaimna percakapan dan apa yang di lakukan zohri dan presiden jokowi diistana bogor.
v  Dari segi functionality
Berdasarkan functionality, situs berita detik.com dan Suara.com dan kontan.co.id sangat mudah untuk diakses dan digunakan oleh seluruh kalangan. Kemudahan tersebut dapat dilihat mulai dari  mengetik alamat situs berita detik.com maka akan muncul berita sesuai dengan waktunya dan akan menampilkan video yang membahas berita tersebut dalam satu tempat yang sama.  Sedangkan jika mengetik suara.com maka kita akan disajikan berbagai pilihan berita dan tidak hanya itu kita dapat menikmati video terkait berita yang kita baca namun tidak ditampilkan sama dengan berita tersebut,
Kemudahan tersebut juga dapat dilihat mulai dari mengetik alamat situs Kontan.co.id maka akan disajikan berbagai pilihan berita dan video seputar jakarta dan bisnis saja, tidak seperti detik.com dan suara.com.
v  Dari segi navigation
Berdasarkan navigation, situs berita detik.co, Suara.com, dan kontan.co.id  sama-sama memudahkan para pengguna untuk melihat dan memilih content yang diinginkan. Hal tersebut dapat dilihat dari dengan mengetik kata kunci maka seluruh berita yang terkait akan dimunculkan. Sehingga pembaca tinggal memilih berita yang diinginkan untuk dibaca. Tidak hanya menampilkan berita politik saja, detik.com,Suara.com juga menyediakan berita dari berbagai daerah bahkan dari internasional dan dilengkapi dengan video. Berbeda dengan Kontan.co.id yang lebih memuat banyak berita tentang bisnis baik di kota maupun internasional.
v  Dari segi audio dan video quality 
Media online detik.com, Suara.com dan Kontan.co.id tersebut sama-sama memiliki konten video. Video yang ditayangkan tersebut memiliki gambar dan suara yang jelas dan bagus. Video yang terdapat dalam media online tersebut sangat membantu para pengguna sehingga lebih mudah dalam memahami informasi berita yang dimuat.
v  Dari segi interactivity
Media online detik.com, Suara.com, dan Kontan.co.id  merupakan media yang sama-sama mampu melipatkan pembaca dalam pemberitaan yang dimuat. Hal ini dapat dilihat dari adanya kolom pembaca yang berfungsi untuk mempermudah pembaca dalam menyampaikan kritik dan saran terhadap kedua media online tersebut.
v  Dari segi Angel
Dari tiga berita di atas mereka memilih angel foto yang berbeda di berita detik.com mengambil foto zohri yang menggunakan baju olahraga, memegang medali dan tersenyum didepan kamera, dengan judul berita Jokowi menerima Zohri di Istana siang ini, penulisan nama Jokowi tidak di awali dengan sebutan presiden, dan tidak ada juga foto presiden juga di foto utama tersebut.
Sedangkan angel foto untuk Suara.com mengambil gambar presiden jokowi dengan Zohri sedang berjabat tangan didalam istana dan fotonya menghadap kedepan. Dari segi judul hampir sama dengan detik.com yang nama jokowi tidak diawali dengan sebutan presiden, lebih fokus pada apa yang digunakan dan apa saja yang di raih oleh atlet lari 100 M tersebut.
Sementara Kontan.co.id menggunakan anggel foto yang sama dengan Suara.com hanya saja foto dari Kontan.co.id ini diambil dari sisi samping, dari judul diawali dari kata presiden jokowi di judul beritanya, dalam Kontan.co.id lebih banyak memuat sanjungan yang di lontarkan Zohri terhadap presiden dan begotu sebaliknya sanjungan serta semangat buat segala prestasi yang telah di raih oleh atlet muda indonesia tersebut.
Dari ketiga berita diatas memiliki objek berita yang sama hanya saja penyampaian dan cara editingnya saja yang berbeda, tetapi makna dan pesan yang di sampaikan berbeda-beda sesuai dengan apa kita memandang dan memahaminya dari segi apa?.
Seperti halnya jurnalistik online adalah seorang jurnalis pada media online seperti website, blog, forum, sosial media atau media-media online lainnya. Sama seperti Jurnalistik konvensional, jurnalistik online juga harus menaati kode etik wartawan, dan melakukan tugas-tugas jurnalis pada umumnya. Bedanya hanya pada media yang digunakan untuk menyajikan berita.
Jurnalistik online merupakan jurnalis generasi ketiga. Jurnalistik generasi pertama adala jurnalistik cetak, yang menyajikan berita melalui media cetak seperti surat kabar atau majalah. Jurnalisme generasi kedua adalah jurnalisti elektronik, yang menyajikan berita dalam media elektronik seperti radio atau televis.
a.       Prinsip dasar jurnalistik online
Menurut Paul Bradshaw ada lima prinsip dasar jurnalistik online, yang disingkat dengan BASIC, yaitu Brevity – Adaptabillity –  Scannabillity – Interactivity – Community. Lebih jelasnya sebagai berikut:
1.      Brevety (Ringkas)
Tulisan harus dibuat seringkas mungkin, tidak panjang dan bertele – tele. Sebaiknya tulisan panjang, diringkas menjadi beberapa tulisan pendek agar dapat dibaca dan dipahami dengan cepat. Istilah umumnya, Keep It Short and Simple (kiss).
2.      Adaptabillity (mampu beradaptasi)
Dalam menyajikan berita/ informasi, jurnalis harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi di bidang komunikasi. Jadi bukan hanya menulis berita, jurnalis jug dituntut untuk mampu menyajikan berita dengan keragaman cara penyajian. Bukan hanya tulisan, tapi juga disertai dengan gambar, atau bisa juga disajikan dalam format video atau suara. Jurnalis harus mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan preferensi pembaca.
3.       Scannabillity (dapat dipindai)
Situs/ laman web jurnalisme dituntut untuk memiliki sifat dapat dipindai, untuk memudahkan penbaca. Sebab sebagian besar pengguna situs tersebut melakukan pencarian secara spesifik, dengan memindai  halaman web. Pembaca akan mencari informasi utama, subheading, link, dll untuk membantu menavigasi text, sehingga tidak perlu melihat monitor dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu penentuan judul berita sangat pentig dalam menarik minat pembaca, terutama dua kata pertama pada judul
4.       Interactivity (interaktivitas)
Pembaca dibiarkan menjadi pengguna, dalam artian memberikan keleluasaan pada pembaca untuk memberikan tanggapan, atau komunikasi lainnya pada jurnalis melalui laman situs tersebut. Dengan begitu pembaca akan merasa bahwa dirinya dilibatkan dan dihargai, sehingga mereka semakin merasa senang membaca situs tersebut.
5.      Community and Conversation (komunitas dan percakapan)
Pembaca media online tidak hanya bersifat pasif dalam membaca berita, seperti ketika membaca berita pada Koran atau televisi. Sebab media Online memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan – percakapaan pendek untuk menanggapi isi berita, misalnya melalui kolom komentar. Sebagai timbal baliknya, jurnalis juga harus menanggapi interaksi dari pembaca tersebut, sehingga tercipta komunitas dan percakapan didalamnya
v  Karakteristik Jurnalistik Online
Media online memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan media cetak dan elektronik, sehingga jurnalistik online memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan jurnalisme konvensional. Berikut  beberapa karakteristik jurnalisme online:
1.       Audience Control
Dalam jurnalistik online, audiens (pembaca, pengguna, atau pengunjung situs) diberi keleluasaan untuk memilih berita/ informasi yang diinginkannya sendiri. Dengan begitu audiens dapat terlibat langsung untuk menentukan urutan bacaan dari mana lalu ke bacaan mana. Dari topik mana ke topic mana, bahkan loncat tahun. Audiens tidak hanya pasif menerima struktur/ urutan berita dari penerbit seperti pada media konvensional.
2.      Immediacy
Dalam jurnalistik online, setiapkali berita di posting, maka berita itu akan langsung bisa diakses, dibaca oleh audiens dari seluruh dunia. Waktu yang diperlukan untuk menyampaikan berita tersebut jauh lebih cepat dibandingkan media konvensional yang memerlukan proses pencetakan dan pengiriman seperti Koran. Informasi/ berita tersebut juga dapat langsung diakses oleh penggunanya, tanpa perlu perantaraan pihak ketiga.
3.      Multimedia Capability
Media online memungkinkan jurnalis menggunakan berbagai cara dalam  penyajian berita. Berita dapat disajikan dalam bentuk teks, suara, gambar, video, atau komponen lainnya sekaligus
4.       Nonlienarity
Berita-berita yang disajikan oleh jurnalistik online bersifat independen. Setiap berita dapat berdiri sendiri,  sehingga audiens tidak harus membaca seluruh rangkaian berita secara berurutan untuk dapat memahami isi berita.

5.      Storage and retrieval
Media online memungkinkan karya para jurnalis online tersimpan secara “abadi” sehingga audiens dapat dengan mudah diakses kembali kapanpun audiens mau. Jika ingin, audiens juga dapat menyimpannya sendiri.
6.      Unlimited Space
Dalam jurnalistik online, ruang bukan masalah. Halaman (page) tempat Informasi/ berita disajikan tak terbatas ukuran serta jumlah, sehingga artikel dapat dibuat sepanjang dan selengkap mungkin untuk memenuhi kebutuhan pengguna
7.      Interactivity
Jurnalistik online memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara audiens dengan berita/ informasi yang dibaca, termasuk juga redaksi (wartawan), seperti melalui kolom komentar atau sosial internet.











1 komentar:

  1. Rasakan sensasi bertaruh poker dengan jackpot terbesar serta proses transaksi yang teraman hanya bersama Pokervita. Cukup dengan bermodalkan 10RB saja, anda berkesempatan meraih jutaan rupiah dalam waktu singkat!!

    Mau tunggu sampai kapan kesempatan besar ini? Ayo daftarkan diri anda sekarang juga dengan huhungi kami melalui kontak dibawah ini.
    WA: 0812-2222-996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus